Sunday, February 23, 2014

Ternak Lele, Usaha ternak ikan lele

Ternak Lele ? Pertanyaan ini tiba-tiba muncul tanpa direkayasa sebelumnya. Mungkin karena begitu maraknya penjual makanan dari ikan lele yang banyak kita jumpai di pinggir jalan, dari yang pinggir dengan terpal dan bangku-bangku plastik di sekeliling meja panjang hingga ruko megah dengan lantai bertingkat menyajikan kuliner berlabel lele. Hal ini menjadikan sebuah peluang usaha di bidang budidaya ikan lele.


Peluang usaha ternak lele tersebut menjadi alternatif bagi siapa saja yang mau berwiraswasta pada sektor ini. Apalagi dengan semakin terbukanya keran informasi melalui internet yang sangat membantu bagi kalangan yang mau mencoba bisnis ini dengan hanya mengandalkan belajar dari membaca lewat internet.

Bagaimana Cara Ternak Lele?

Untuk memulai ternak lele yang penting diperhatikan adalah niat dan konsistensi, karena ikan lele adalah makhluk hidup yang sudah tentu memerlukan perhatian yang khusus tidak jauh beda dengan kita (manusia) yang juga membutuhkan perhatian :D.

Tahanapn dalam beternak Lele

  • Membuat kolam diperlukan lahan yang cukup, misalnya 12 meter x 8 meter, yang bisa di bagi menjadi 4 kolam dengan luas 2 kolam seluas, 3x4 meter dan 2 kolam seluas 3x5 meter.
  • Membuat pagar dengan bambu sesuai dengan ukuran masing-masing kolam yang berguna sebagai tempat penadah terpal.
  • Setelah terpal terpasang dengan sempurna, kolam bisa diisi air setinggi 30 cm. lalu air kolam tersebut didiamkan selama satu malam, setelah itu dibuang airnya untuk kemudian diisi kembali.
  • Setelah itu baru dibelikan bibit lele yang berukuran kira-kira 7 cm. Dengan lebar kolam seperti di atas cukup untuk 10.000 bibit ikan lele.
  • Pakan lele yang diperlukan yaitu pelet sebanyak 8 karung, dengan catatan ditambah dengan pakan lain misalnya, bekicot, usus ayam, dan lain-lain untuk memenuhi kebutuhan pangan lele.
  • Jika tanpa halangan maka 2-3 bulan akan menghasilkan panen seberat 600 kg lele minimalnya, 
Sepertinya cara ternak lele seperti di atas mudah untuk dibaca, tapi tanpa keinginan dan niat yang kuat usaha ternak lele yang diharapkan menghasilkan keuntungan tidak akan terjadi. Tapi dengan niat serta usaha yang gigih dengan menjaga konsistensi akan tidak mustahil menjadikan keuntungan yang bisa menjadikan sumber pemasukan yang mantap. 


Ternak Lele, Usaha ternak ikan lele Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ahmad Fasoni

1 comments:

  1. Ternak lele butuh keahlian khusus menurut sy karena ga gampang prakteknya. Kalau baca2 dibuku si sepertinya gampang tapi kenyataannya engga karena banyak faktor yg suka bikin lele mati belum lagi pakannya, karena lele suka ada yg cepet gede ada yg lambat karena ga kebagian makan dan ujung2nya yg kecil2 ini mati

    ReplyDelete