-->

Thursday, August 4, 2011

Memasang Google Plus Widget di Blogspot

Google plus yang baru bulan ini dirilis secara luas, dan kini membernya sudah membludag memberikan isyarat hadirnya alternatif social network yang mumpuni dari google walaupun mungkin saat ini belum bisa dikatakan sudah memenuhi harapan semua pengguna internet, namun demikian pencapaian tersebut sudah membuktikan bahwa apa yang dilakukan google untuk menyediakan social network alternatif selain facebook yang harus diakui saat sekarang belum bisa digeser cengkeramannya.Kali ini saya akan berbagi tentang cara Memasang Widget google plus untuk di tampilkan di blog, khususnya buat pemakai blogspot.
Untuk pengguna wordpress mungkin sudah tersedia plugin khusus untuk memasang widget google plus, sementara untuk blogspot masih harus menggunakan perantara dari pihak lain yang menyediakan fasilitas tersebut seperti penyedia widget yang beralamat di http://widgetsplus.com.

Caranya gampang saja kita cuma butuh ID google plus kita kemudian tinggal dirubah konfigurasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan kita. Disitu terdapat beberapa konfigurasi yang bisa kita ganti yaitu Basic settings, Main area settings, Title settings, Name text, Button, Bottom text. Setelah diisi dengan nilai yg kita inginkan kemudian tinggal klik Get Code nanti akan ditampilkan preview dari widget kita, kalau ternyata belum seperti yang kita harapkan masih bisa dirubah-rubah lagi. 

Untuk yang masih bingung caranya sebagai berikut:
- Pertama-tama siapkan nomor id google+, yang bisa diambil dari profil yang biasanya tertulis seperti ini https://plus.google.com/108578888175320831573  - untuk mengambil url itu bisa di copy dari photo profil kecil di halaman google plus kita diklik kanan >> copy link location  terus simpan / paste aja di notepad dulu.
Setelah itu baru di copy lagi bagian angkanya saja misalnya : 108578888175320831573
- Setelah mengcopy nomer ID, baru kita menuju widgetsplus.com, setelah itu  klik gambat GET WIDGET
 - Kemudian paste kan nomer ID kita di kolom BASIC SETTING

Setelah nomer ID  dimasukkan tinggal kembali menuju GET CODE





 Setelah Get Code di klik nanti akan muncul kolom code, tinggal di select all (Ctrl+A) kemudian di copy (Ctl+C)

Langkah selanjutnya tinggal kembali (login) ke blogspot menuju layout / tata letak kemudian add new gadget >> pilih text / html  kemudian paste kan kode tadi. Selesai, tinggal dilihat hasilnya Selamat mencoba.
Contoh yang sudah jadi seperti punya saya ini, silahkan add saya ke circle nanti akan saya add balik



Memasang Google Plus Widget di Blogspot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sonykuda

5 comments:

  1. salam kenal gan..

    boleh juga tuh..tapi maaf gan saya masih gaptek nih blm bgtu paham...blh secara detailnya gan

    ReplyDelete
  2. @haries, sudah saya tambahin itu gan, maap kalu kurang jelas, silakan dicoba ya
    Makasih

    ReplyDelete
  3. bos...tolong invite saya dong.. kapukcity@gmail.com thanks

    ReplyDelete