-->

Friday, August 27, 2010

Selalu berhati-hati menggunakan akun Gmail

Postingan ini adalah sebagai penjelasan dan permohonan maaf untuk teman-teman yang ada dalam daftar kontak saya yang kemarin 26/08/10 mendapat email aneh dari saya.

Sudah menjadi kebiasaan saya dalam menggunakan email, dengan pertimbangan komputer dipakai sendiri maka tiap kali login email tidak pernah logout. Saya pikir tidak mungkin lah wong saya sendiri yang pakai komputer jadi kebiasaan seperti itu selalu saja saya lakukan, padahal teman saya selalu mengingatkan walaupun menggunakan komputer sendiri (di rumah) tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati menggunakan akun Gmail.

Hal ini baru saja terjadi, ketika saya nyalakan laptop seperti biasa ada peringatan bahwa password tidak cocok (wrong password). Langsung saja kalang kabut, apakah ini yang salah. Akhirnya dugaan mengarah ke Gtalk yang tidak nyala (biasanya Gtalk tidak pernah saya logout, jadi sekaligus sebagai pertanda kalau internet sudah online ketika saya nyalakan laptop).

Lalu untuk tindakan awal saya langsung mengarah ke tune-up utilities dan kawan-kawannya untuk menmbersihkan file-file sampah dan tetangganya juga. Setelah selesai pembersihan sampah kemudian restart. Setelah nyala kembali ternyata memang benar dugaan Gtalk yang salah password tadi benar adanya. yang akhirnya saya coba untuk memastikannya dengan buka browser (Firefox) dan langsung login ke gmail.

Ternyata benar juga begitu login dan memasukkan kata sandi ternyata ada peringatan dari google yang isinya kira-kira "akun ini telah melakukan aktivitas yang mencurigakan bla bla bla..." dan saya diharuskan untuk aktivasi menggunakan ponsel. Setelah berhasil memasukkan nomor aktivasi yang dikirimkan lewat SMS, kemudian langsung diberikan jendela untuk penggantian password. Akhirnya saya ikuti saja prosedur tersebut sehingga akhirnya saya berhasil masuk ke akun gmail lagi, dan lagi-lagi ada tulisan merah dengan pesan yang sama tentang aktivitas yang aneh dan menyarankan untuk mengganti kata sandi SECEPATNYA.

Nah dari pemberitahuan warna merah tadi ada link (detail) yang memberitahukan tentang aktivitas dari negara lain. Dan aktivitas itu ternyata memang benar adanya yaitu, mengirimkan email ke seluruh daftar kontak email yang ada termasuk postingan dari email ke blogger seperti postingan sebelum ini yang sudah saya edit sebagian isinya.

Selalu berhati-hati menggunakan akun Gmail Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sonykuda

0 comments:

Post a Comment