-->

Wednesday, September 29, 2010

Jakarta Amblas - Sejauh mana antisipasi dari pemerintah??

Sebuah pertanyaan yang baru muncul dan menjadi heboh ketika sudah terjadi kejadian yang memang sudah menjadi kebiasaan bangsa kita, sebagaimana kebiasaan yang sudah mengakar kalau badan sudah terasa payah, panas dan tidak leluasa melakukan aktivitas karena suatu penyakit, barulah mau mengunjungi dokter untuk melakukan pengobatan.

Demikian juga permasalahan Jakarta Amblas yang baru-baru ini muncul ke permukaan setelah terjadi "sakit" yang ditandai dengan tenggelamnya sebagian jalan raya di Jl. RE Martadinata yang bagaikan disedot "amblas" oleh tanah.

Padahal permasalahan itu sudah muncul sejak lama sekali bahkan sejak masih diduduki oleh Belanda pada masa kolonial dulu. Bahkan sudah juga "diramal" atau lebih tepatnya diprediksi oleh ilmuwan Belanda waktu itu bahwa dalam kurun waktu sekian tahun ke depan kondisi Jakarta akan bermasalah.

Namun permasalahan "Jakarta amblas" tersebut sepertinya tidak menjadi perhatian penting buat pemerintah yang memang sepertinya tidak putus dirundung duka oleh kompleksnya permasalahan sistem yang entah sampai kapan akan terselesaikan.

Harusnya sejak dari dulu disikapi dengan satu program khusus yang tak kenal kompromi dengan beredarnya permasalahan yang ada berkaitan dengan politik yang sudah pasti ada di negara manapun. Namun demikian sepertinya hal itu sudah menjadi jalan hidup dan proses berbangsa dan bernegara kita yang memang begitulah adanya.

Dengan adanya kejadian amblasnya jalan RE Martadinata yang membangunkan tidur lelap kita, sudah saatnya pemerintah mulai menyikapi dengan serius permasalahan itu, mungkin bisa dicari solusi untuk meringankan "beban" Jakarta yang sudah sangat oleng dengan ditanamnya bangunan-bangunan berat disetiap sudut tanah Jakarta, mungkin dengan mempercepat proses "menyicil" Jakarta pindah dengan memindahkan sebagian pusat pemerintahan ke propinsi terdekat kalau memang tidak mungkin untuk memindahkan ke tempat yang jauh dari Jakarta, walaupun mungkin tidak dengan cara membangun bangunan yang baru tapi mengoptimalkan bangunan yang ada di daerah tersebut.

Tapi kesemua itu tergantung dari pemerintah, apakah akan sikapi dengan cara seksama atau akan dibiarkan kondisi semacam itu dengan membiarkan Jakarta Amblas. Tentu saja mudah-mudahan pemerintah cepat mengantisipasi dengan serius. Amien.

Jakarta Amblas - Sejauh mana antisipasi dari pemerintah?? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sonykuda

0 comments:

Post a Comment