Thursday, March 13, 2014

Pengobatan doa, pengobatan alternatif atau medis

Ketika seseorang megalami sakit, pergi ke tempat seorang ustad, guru atau kyai bukanlah hal yang baru di telinga kita. Dengan membawa air ataupun gelas kosong yang kemudian dibacakan doa kemudian sebagai ucapan terima kasih orang tersebut memberikan sebuah amplop berisi uang yang besarnya sesuai kemampuan.  Pengobatan seperti itu masih berjalan sampai sekarang. 

Seorang ustad yang dimintai air doa pada dasarnya bukanlah seperti penjual jasa yang menawarkan keahliannya tapi memang datang dari masyarakat sendiri dengan kyakinan bahwa ustad tersebut diyakini doanya sebagaimana kealimannya dalam beribadah sehari-hari. 

Tapi sekarang sudah berkembang menjadi sebuah bisnis dengan menambah unsur obat-obatan yang diproduksi secara massal bahkan dengan melakukan promosi hingga membuat acara televisi khusus. Yang sekarang kita mengenal dengan nam pengobatan alternatif.

Masyarakat yang menggunakan pengobatan alternatif menjadi lebih banyak dengan banyaknya iklan dimana-mana, bahkan tanpa disadari malah terkadang biaya yang dikeluarkan lebih banyak daripada pengobatan medis.

Memilih pengobatan medis atau alternatif memang menjadi hak masing-masing tapi sebaiknya jangan melupakan akal sehat sehingga mudah menjadi korban yang menimbulkan kerugian.

Pengobatan doa, pengobatan alternatif atau medis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ahmad Fasoni

1 comments: