Wednesday, February 17, 2010

Ada apa dengan Facebook-er Indonesia

Beberapa minggu terakhir ini di televisi atau di media-media lain, diramaikan oleh bermacam-macam berita tentang terjadinya kasus orang hilang, diculik, kabur dari rumah atau alasan-alasan lain dan hal itu dihubungkan dengan suatu sebab yaitu facebook, jadi dalam hal ini facebook menjadi biang keladi dari masalah tersebut. Ada apa sebenarnya?

Tentunya alasan apapun itu saya kira tidak sepenuhnya karena adanya situs jejaring sosial yang sekarang seakan-akan sudah menjadi urat nadi kehidupan. Rasanya pusing kepala jika sehari saja tidak mengakses Facebook. Akhirnya dengan segala daya upaya dipaksakan biar bisa online, bila perlu hutang :D

Namun, kalau kita lihat gejala sosial dibalik itu semua, kita tidak bisa memungkiri, bahwa peranan keluarga dalam menjaga keharmonisan informasi antar sesama anggota keluarga sangatlah diperlukan untuk meminimalisir kejadian-kejadian yang demikian.

Ketika seseorang merasa tidak mempunyai wadah lagi untuk menampung segala yang ada di benaknya, atau tidak ada lagi yang bisa mengerti dan mendengarkan keingininannya, maka jalan yang bisa ditempuh adalah dengan mencari alternatif-nya, dalam hal ini situs jejaring sosial seperti facebooklah yang bisa mengambil alihnya.

Di situs tersebut orang bisa dengan leluasa mengungkapkan apa yang mau diungkapkan ataupun mencari orang lain yang bisa dijadikan tempat untuk berbagi, saling curhat dan segala yang dia mau.

Masalah yang timbul kemudian adalah, ada sebagian orang yang justru menggunakannya untuk mencari-cari kesempatan seluas-luasnya untuk tidak adil, sehingga yang terjadi seperti yang kita lihat di tv sekarang ini.

Untuk meminimalisir hal tersebut perlu diperhatikan lagi komunikasi keluarga, komunikasi yang bisa diterima bagi semua anggota keluarga. Bagaimana caranya, entahlah hal itu beragam macam jenisnya, berbeda tiap keluarga. Mulailah mencari bagaimana cara untuk menjaga komunikasi sesuai dengan irama keluarga masing-masing.

Sekian Terima Kasih
image

Ada apa dengan Facebook-er Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ahmad Fasoni

0 comments:

Post a Comment